Jumat, 06 Juli 2012

Blind


Mata adalah salah satu dari panca indera yang kita miliki (atau mungkin salah satu dari enam panca indera??) Dengan mata kita bisa melihat apa yang ada di sekitar kita. Melihat setiap orang, melihat apa saja yang ingin kita lihat.

Buta adalah suatu kekurangan dari diri manusia. Buta merupakan kerusakan pada mata, sehingga menyebabkan seseorang itu tidak bisa melihat. Kita harus bersyukur saat ini, kita masih diberi anugerah untuk melihat dengan kedua mata kita. Meskipun mata kita ada yang rabun dekat, rabun jauh dan beberapa kelainan pada mata lainnya.

Suatu hari, saat saya sedang di angkot. Ada dua orang yang hendak naik ke angkot juga. Setelah saya perhatikan, ternyata adalah sepasang suami istri yang sama-sama memiliki gangguan pengelihatan.

Ku amati dua orang tersebut. Dari saku celananya kulihat bapak itu mengeluarkan sebuah handphone. “Wah hebat juga ya, bahkan sampai punya HP” begitu pendapatku waktu aku melihatnya. Dengan pengelihatan yang kurang tersebut, bapak tadi melihat handphone-nya sambil di dekatkan ke arah matanya.


Bagi kita yang memiliki pengelihatan normal, melihat HP bisa dari jarak jauh, tapi berbeda dengan orang itu tadi.

Didekatkannya HP-nya ke arah matanya untuk bisa melihat jam berapa waktu itu.

Secara kasat mata, memang tampak orang itu buta, tapi setelah saya perhatikan ternyata tidak buta, tetapi seperti ada selaput yang menutupi matanya. Mungkin itu yang menyebabkan bapak itu buta.

Pandangan saya beralih ke ibu-ibu disebelahnya. Kulihat ibu itu juga mengeluarkan sebuah HP. “Wah hebat sekali orang ini.” Begitulah pendapatku.

Ternyata, walaupun tidak bisa melihat, ibu tadi menggunakan salah satu fitur dari HP tersebut. Saya lupa namanya tetapi fitur itu adalah fitur yang bisa menyuarakan hal yang tampak di HP tersebut.

Walaupun kedua orang tadi buta, mereka masih bisa melakukan hal yang ingin mereka lakukan dengan mandiri. Mungkin mereka tidak bisa melihat sekitar, tapi mereka bisa menjalani hidup dengan caranya. Mereka juga berusaha hidup dengan baik, walaupun tidak bisa melihat indahnya dunia

Bagaimana dengan kita semua? Kita yang memiliki mata normal, apakah kita sudah memanfaatkan hidup dengan baik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar